Followers

Sunday, April 26, 2020

Tantangan VCT Batch 6

Merasa lemahnya dalam IT, hati saya selalu ada keinginan untuk terus mempelajarinya, walau pun dengan tertih-tatih terus berusaha berjalan demi bisa melayani peserta didik dalam pembelajaran.
Ketika Pak Eri Teguh guru SMPN 1 Ciasem mengajak untuk ikut program Virtual Coordinator Training ( VCT) Batch 6 yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC,  tanpa ragu saya menerimanya.dan menyebarluaskannya kembali ke MGMP IPA SMP Kabupaten Subang dan WA grup yang lainnya, dengan harapan ada yang mau ikut kegiatan yang sangat bagus ini.

VCT adalah pelatihan mengelola training online, dengan materi sebagai berikut :
1. Teknik rekutmen peserta online (flyer dan form digital)
2. menulis narasi promosi kegiatanyang menarik
3.mengkreasi room video conference dan mengelola webex
4. teknik menjadi narasumber/presenter, host, dan moderator video conference (vicon)
5.membuat form presensi secara online
6.mendokumentasikan kegiatan dan berbagi di media sosial, blogm dan youtube

Peserta diberi tugas untuk menjadi 2x host, 2x presenter dan  2x moderator.Tantangan yang sudah dijalankan sampai hari ini adalah 2x host dan  2x moderator di ruang webex. Artinya masih ada dua tantangan yang belum dilaksanakan yaitu menjadi presenter. Di awal menjalankan tugas sebagai host ada sedikit kepanikan karena tidak bisa mengcopy link absensi online yang sudah dibuat, entah kenapa kursor laptop sulit di gerakan. Situasi yang sedikit menggetarkan jiwa ini terobati ketika ingat bahwa link absensinya pernah di share ke Bu Julaeha guru SMKN 1 Pusakanagara sebagai moderatornya. Situasi Tidak nyaman pun terjadi kembali ketika pertama menjadi moderator. Ketika mau menutup materi tiba-tiba mic nya tidak bisa di klik  untuk menyala. Alhasil suaraku tidak bisa terdengar oleh bapak ibu guru hebat yang mengikuti kegitan. Di bawah kepanikan tersebut saya menulis di ruang chat untuk meminta host Bu Titi guru SMPN 2 Jalan cagak  untuk menutupnya, dan berinteraksi dengan semua peserta melalu ruang caht untuk menyampaikan permohonan maaf dan terimakasih.

Kendala dalam mengikuiti kegiatan ini untuk saya pribadi  selain dasar IT nya masih lemah, ketenangan hati dan faktor cuaca sangat mempengaruhi, kelancaran dalam mengikuti vicon. Bapak Ibu guru hebat yang mengikuti kegiatan ini saling mendukung dan saling membantu untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan, tentu saja kami diberi instruktur yang membimbing kami dengan sangat baik.

Yuk kita keluar dari zona aman, agar tertantang sehingga kita didorong untuk terus belajar

Terimakasih  SEAMOLEC







No comments:

Post a Comment

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...