Followers

Monday, June 29, 2020

MENGENAL GURUNYA MAS MENTERI NADIEM MAKARIM

Resume ke-13
Hari Senin 29 Juni 2020 kembali kami para peserta belajar menulis bersama Om Jay  pukul 19.00 sudah siap untuk menyimak materi. Materi malam ini akan disampaikan oleh Ibu Dra Betti Risnalenni MM. Guru yang bersahaja ini lahir di  Padang, 13 Agustus 1968.  Berbekal niat dan nekat akhirnya bisa mendirikan  sekolah. Sekolah yang berhasil didirikan adalah TK dan SD Insan Kamil Bekasi dengan fasilitas bagus  tapi biaya bisa terjangkau.
Pemilik prinsip yang sangat luar biasa yaitu tak pernah lelah dalam mengajar memiliki banyak prestasi ini mulai membuat sekolah tahun 2003. dan sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD.Manfaat yang dapat  diraih dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat. Memiiki banyak teman, bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat jawa barat untuk kalangan guru paud.

pendiri Kelompok Belajar (KB), TK dan SD Insan Kamil, Bekasi. ini memaparkanpembelajaran  selama pandemi covid-19. Selama pembelajaran jarak jauh menggunakan sistem dalam jaringan ( Daring).  Daring materi tidak hanya pelajaran saja, tetapi juga menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter ) dan berhasil, walaupun peserta didik rindu sama gurunya.
Selama masa pandemi ini kita harus bisa bekerja sama dengan seluruh guru dan karyawan. Pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 harus lebih hati-hati, karena guru pun mengalami stress dengan musibah ini dan harus berpikir juga  untuk mengajar. Bekerja dirumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.

Pada sesi tanaya Jawab Guru cerdas ini menjawab pertanyaan peserta dengan lugas dan amudah dipahami. seperti tanya jawab berikut:
1. siti Nurbaya Az, SE dari Karimun, Kepri. 
cucunya yang di TK sejak covid-19  tugas banyak melalui Hp, yang menjadi masalah cucunya menjadi keranjingan bermaih HP. bagaimana solusinya?
seharusnya penugasan lewat HP juga ada pendidikan karakternya. Jadi guru dan orang tua sudah bekerjasama dalam waktu memegang HP. guru itu lebih dipatuhi daripada orang tua. jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang HP itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit. di alarm. Sealain itu juga mempublikasikan lewat instagram apa yang menjadi tugas mereka. jadi anak anak juga senang. bisa dilihat di IG insankamil. Bekasi

2.Adi dari tangerang Banten
apakah izin untuk mendirikan sekolah sangat sulit?
kalau ingin membuat sekolah harus ijin RT, RW dulu. Kalau untuk ijin ke disdik harus ada murid dulu supaya tidak fiktif.setelah memasukan proposal ke disdik nanti akan ada uji dari berbagai bidang tingkat wilayah kita . ( kota / kab ).

3. Sri Budiarti, dari gel. 12
prinsip apa yang Ibu Bety pegang sehingga berhasil survive mengubah sekolah rintisan menjadi sekolah yang diminati banyak siswa?
Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit tujuannya. tapi kita jangan nombok juga. nanti kita tidak semangat dalam bekerja . Membuat buku dan dipakai sendiri, membuka kursus umum bahasa Inggris, dan unggulan lulusan sekolah Insan Kamil banten ini adalah hapal 30 juz

4.I Nengah Suradnya dr Bali
Bagaima awal mula memulai mendirikan KB, TK dan SD dan sejauh mana perjuangan ibu Beti sampai terwujud itu semua?
Awalnya tahun 1996 membuat kursus aritmatika . 6 bulan buka, muridnya hanya 3 orang. tapi Ibu Beti bertahan. tahun 1998  membuat buku sendiri dengan harga 10 rb, cabang sekolah Ibu Bety banyak, di Bekasi saja ada 24 cabang. dan salah satu cabang ada yang ingin membuka TK. Dan Ibu Bety  diajak kerjasama karena  sudah punya yayasan. awalnya  takut untuk buka sekolah. namun akhirnya mau bekerjasama dengan mengontrak sebuah rumah. . 3 bulan berjalan temannya mundur karena dia merasakan rugi. buat Ibu Bety itu tidak bisa. makanya akhirnya diteruskan sendiri. 1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yg jual / Over rumah, akhirnya dibeli. Dimulai dari rumah itu dan didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender perumahan. Jadinya promosi bersama.

5. Aam Nurhasanah Lebak- Banten
Apakah pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? karena di Lebak masih belum boleh . Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua tentang virus corona?
Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan program. itu juga dinilai dulu. tidak langsung boleh buka. tapi daerah Ibu Bety zona hijau. Sekoilahnya mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, bisa tatap muka. kalau belum ok  PJJ lagi.

6.Watik sugiati gel 11
Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran ke orang tua dan peserta didik  TK. Melalui daring ?
untuk murid yang belum kenal gurunya sudah adakan pertemuan akhir tahun ajaran lalu. sekitar pertengahan Juni. anak anak mulai dengan cara foto dengan lingkungan sekolah. Kemudian diberi mainan edukatif. jadi mereka senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya.

7. Mahayu dari Bali. 
 Apa motivasi awal Ibu mendirikan sekolah di Bekasi?
Awalnya Ibu Bety ingin anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasi ini adalah prinsip. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. itulah yang Ibu Bety lakukan di Insan Kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. di sekolah Ibu Bety tidak pernah harus bawa SKTM . karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. kalau yg mampu sih bayar normal.

8.Suheli dari Brebes- Jateng 
Kebetulan Bapak Suheli juga punya lembaga PAUD KB , banyak kendala yg dihadapinya : a) susahnya mencari tenaga pengajar b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kalau KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, Inginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD sehingga muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak kendala..
Bagaimana cara/solusinya menghadapi kasus seperti yg dihadapi?
Memang mencari guru itu gampang gampang susah. Kebetulan  anak Ibu Bety sarjana psikologi, jadi  sering mengadakan acara parenting . Narsum nya bisa Ibu Bety sendiri, temannya, anaknya atau teman anaknya. Jadi sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa  bicarakan. Sekolah Ibu Bety  juga sering mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolahnya
Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.

9.Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara
Bagaimana menurut  Ibu  Bety untuk peserta didik KB, TK dan SD apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3 blm yg lalu? Dan apa strategi Ibu Bety untuk mengurangi efek negatif itu ?
Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi Ibu Bety lebih memberikan kegiatan yang membuat mereka senang . contohnya membuat kue

10. Sunaryo, dri Berau, Kaltim, mengirim 4 pertanyaan yaitu:
1.Seabagai pendiri sekolah tentu banyak tahu tentang seluk beluk & prosedur pendirian. Mohon bisa berbgi cara/prosedur utk mendirikan skolah & apa kendala2 yg ibu Bety hadapi ?
2.Apa saja persyaratan yang diperlukan ?
3.Kemana saja perijinan tersebut hrs diurus/dilakukan ?
4.Berapa lama biasanya urusan tersebut  selesai dan mendapat ijin pendirian sekolah ?
jawabannya:
 1. Banyak juga  kendalanya tapi kalau keinginan kita kuat Insyaa Allah bisa diatasi.
2. Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda tangan. lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke disdik kota. Jaman Bu Bety dulu di sidangkan di tingkat kotamadya. dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2.harus punya akte yayasan yang sampai KemHumkam
3. sudah terangkan di no 2
4.  kalau sudah lengkap semua tidak lama

11. Titin dari Subang ( menajuakan tiga pertanyaan )
1.Bagaimana Tips dapat mengelola tiga lembaga sekaligus KB-TK-SD?  
2.Terutama dalam menejemen keuangan saat pandemik ini, kebetulan kami jg sekolah swasta? 
3.Apa saja program karakter yang ada di sekolah ibu Bety? 
jawabannya:
Tipsnya : 
1. Jaga kesolidan dalam sekolah itu sendiri. 
-  Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
- Sering pantau dengan sharing. ( di sekolah Bu Bety setiap senin setelah pulang siswa ) 
2. Di Sekolah Bu Bety pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak terbebani tapi kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan. 
3. Salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha.

Diakhir sesi Nara sumber memberikan kesimpulan" Kalau ada niat baik lakukanlah, Insyaa Allah akan membantu..Kalau mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik karena nilainya akan memperbaiki citra dan kehidupan kita"

Diakhir penutupan oleh Om Jay mennyibak bahwa Ibu Betti gurunya mas menteri Nadiem Makarim waktu SD. Karena Sekolah yang  yang didirikan Bu Bety ini adalah sekolahnya mas menteri waktu SD.  Luar biasa!

                                     

35 comments:

  1. Alhamdulillah belajar menulis dapat bonus ilmu mendirikan sekolah.mantap suratap euy

    ReplyDelete
  2. Bagus salam sehat.. Yuk eitunggu kujungan baliknya Ya?

    ReplyDelete
  3. kerek bu hj.. salam liteLiterl

    ReplyDelete
  4. Lengkap bu resumenya..salam literasi

    ReplyDelete

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...