Followers

Monday, June 15, 2020

MEMBUAT BUKU DARI TULISAN BLOG

Resume belajar menulis ke-7

Minggu ini akan tampil 3 orang guru hebat Indonesia yang menjadi narasumber belajar menulis dan menerbitkan buku PGRI. Diawali oleh Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd yang menceritakan seputar ngeblog di blogger.com. dan  kisah menerbitkan buku. Hobi ngeblog sejak 2009, Penulis ini tak bisa berhenti menulis. 

Menurut Pak Brian  yang pertama adalah sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. 

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. 
Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Selain itu pendapatnya yang kedua kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita. 

Penulis handal ini memberikan solusi bagi blogger pemula untuk bisa menulis buku dari blognya  https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html adalah kita aharus tentukan tema-tema besar yang akan dibukukan. Kemudian dipilah mana yang akan dibukukan. Yuk kita menulis setiapa hari di blog dengan tema yang akan kita bukukan

42 comments:

  1. Mantap tulisannya menginspirasi kita.

    ReplyDelete
  2. mantap Bu tulisannya, salam literasi

    ReplyDelete
  3. Mantap. Rapi resumenya. Tetap semangat ngeblog !

    ReplyDelete
  4. akhirnya bersua juga dengan blog hebat ini....

    ReplyDelete
  5. Mantap... Ayo..kunjungi juga ya rumah q 😊😊

    ReplyDelete
  6. mantap bu hj, salam literasi... semangat!

    ReplyDelete
  7. teraimaksih yang sudah mampir ke alamat ini....

    ReplyDelete

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...