Followers

Friday, June 26, 2020

MEMBANGUN BRANDING LEWAT BLOG DAN MEDIA SOSIAL ALA BAPAK NAMIN

Resume ke 12

Founder motivator ini memiliki hobi menulis, dan membagi ilmunya, Pada tahun 2015 sang bloger ini berhasil melaunchingkan  www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang Ia isi.
Pemilik  nama lengkap Namin AB Ibnu Solihin ini sangat terkenal di google. Ketika mencari motivator pendidikan akan keluar nama bapak yang bijak ini. Hal ini kareana konten Blognya  konsisten pada Branding yang Ia miliki.Jadi menurut motivator ini menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Menulis dan membangun Branding telah mengantarkannya keliling Indonesia, serta  menjadi pengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014 sampai sekarang.
https://www.slideshare.net/naminsekolahakhlak/membangun-branding-melalui-blog-dan-medsos disini kita akan membaca tips untuk menciptakan  branding di blog dan media sosial. Saya kutip tulisan sang motivator ini yaitu;
1.kenali potensi dan passion anda
2.buat nama /alamat blog sesuai dengan branding yang anda tentukan,unik,simple,dan mudah diingat
3 menulislah sesuai passion anda publish potensi yang terbaik yang anda miliki di blog
4menulis di blog sesuai dengan keinginan pembaca
5.selalu masukan atau ketikan keywords atau tags pada konten tulisan anda di blog sesuai dengan branding yang anda miliki
6,.kelolola blog dengan konsisten dan design yang kreatif dan informatif
7.share tulisan anda di medsos
8. jangan plagiat, menulislah dengan percaya diri

dari pertanyaan peserta ayang diberiakan dijawab dengan cermat, salah satunya adalah 
1. pertanyaan dari Ibu Sri dari Bantuyl yang menanyakan tentang hosting adan slideshare net.. Hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database ( Niaghoster).Jadi mudahnya hosting itu adalah tempat dimana website kita menyimpan file.
J ika kita sering publish materi kita di slideshare.net,Sama kayak Blog,Karya kita akan bisa dinikmati oleh banyak orang.Jika orang sudah merasakan manfaatnya, orang akan menghubungi kita, baik jadi pembicara atau penulis, atau dijadikan ahli konsultan.Nah biar file kita menarik dilihat orang buatlah PPT yang keren.

2. pemilik motto "jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani" ini begitu semangat melayani pertanyaan para peserta. bapak Adi dari tangerang meminta games dengan ringannya beliau memberikan link https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak/materi-60-ice-breaking-dan-game-pembelajaran-kreatif-2019 ini untuk dipelajari dan dipraktekan.

3. Berikutnya pertanyaan Ibu Rachmi H dr banyuwangi menanyakan bagaimana memotivasi diri sendiri untuk bisa konsisten dalam menulis yang kadang timbul tenggelam niat menulisnya. Sang motivator ini memberikan tipsnya dengan Rumus 5a yaitu:
Dipaksa
Terpaksa
Kepaksa
Biasa
Terbiasa
Jadi paksakan dulu selama 3 bulan minimal menulis 15 menit saja. nanti lama-lama akan terbiasa

4. Ratri dari Samarinda menanyakan bagaimana membuat blog menarik untuk matematika sehingga siswa pada suka matematika?
Blog yang menarik itu.designya simpel,Postingan dipandukan tulisan, video dan gambar.Karena kita harus memfasilitasi tiga kecerdasan anak yang Visual, Audio, dan Audio Visual maka blognya  harus berisikan konten tersebut.

5 Ibu Titin dari Subang memiliki 3 pertanyaan yaitu : 
    1.Mengapa seseorang perlu untuk membranding dirinya sendiri? 
    2.Biasanya dalam tim seleksi kepala Sekolah, hal apa saja yg menjadi nilai dari Tim? 
    3.Menurut bapak lebih enak mmjadi guru atau seorang trainer/motivator?
Jawaban bapak keren ini sungguh luar biasa. Jawabannya adalah :
   1.Jika dia punya tujuan untuk dikenal publik, karena agar ilmunya banyak dirasakan manfaatnya            oleh orang, maka wajib membranding diri. 
   2.Pengalaman Bapak Namin   menyeleksi para calon kepsek yang pertama dinilai adalah :                      akhlaknya  (kepribadiannya), pemahaman ke Islamannya (jika agama Islam), leadership-nya                 dalam mengelola dan mendidik anak dan istri/suami dan rekannya, kerja nyatanya dimasa lalu,           kreativitas dalam mengembangkan sekolah dan SDM,  visi besarnya dan kemampuan problem            olving.
    3. Saat ini menjadi motivator/trainer, tapi jiwa adalah guru.

Diakhir sesi pemateri handal ini memberikan semangat menulis kepada peserta:
1.Teruslah bersemangat untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan     meneladani.
2.Terus belajar dengan banyak sumber.
3.Banyaklah membaca buku..Karena kita tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca 
4. Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.
5.Jika belum paham tentang Branding, tidak usah dipusingkan 
6.Fokus saja menulis sesuai dengan kemampuan kita.




20 comments:

  1. semakin bagus saja bu resumnya. mampir ya nanti ke https://ciciswediastriana.blogspot.co./

    ReplyDelete
  2. terimakasih pada semua yang sudah mau mampir

    ReplyDelete

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...