Followers

Wednesday, June 17, 2020

TRIK SANG JUARA RESUME

          resume ke-8
     Nama lengkap Theresia Sri Rahayu,S.Pd lahir di kuningan, 13 September 1984 ini banyak sekali torehan prestasinya, diantaranya: Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kab. Bandung Barat (2014), Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kab. Bandung Barat (2014),  Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kec. Padalarang (2014),  juara 1 olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018)  dan masih banyak lagi
      Guru di SDN Waihibur Kabupaten Sumba Tengah NTT ini rajin menulis, berawal dari menulis di  blog kemudian merambah dengan menulis resume. 
    Peserta pelatihan menulis angkatan ke-4 Om Jay ini  mencoba mencari informasi tentang resume. Cara membuat resume serta tips dan trik mudah membuat resume ia dapat dari latihan menulis Om Jay pada angkatan sebelumnya yang diberikan Om Jay.
      Kebahagiaan yang mendapatkan  penghargaan sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta, ini ketika membuat resume adalah ketika banyak yang membaca dan memberikan komentar yang membangun. ini salah satu tulisannya yang dilihat oleh ribuan pembacanya di halaman  https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah.html?m=1 resume yg paling banyak viewernya yaitu 720 orang https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1      Resume yang mendapat hadiah dan penghargaan pun banyak, diantaranya

     
      Ungkapan sang juara resume ini membuat motivasi pesertanya, ungkapan itu adalah ;Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Penulis yang ramah ini telah merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan  menulis resume. Keajaiban itu datang ketika kisah Ibu Tere dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang peserta utk menulis buku alam waktu seminggu. Dan Ibu yang cantik ini  termasuk satu dari sekitar 21 peserta yang menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari Prof.Richardus juga penguatan dari Om Jay, buku karyanya yg berkolaborasi dengan  Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.
      tips menulis resume dari Cikgu Tere pada pelatihan on-line belajar menulis adalah:
      1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak              semakin  banyak uraian yg terlewat. 
      2. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 
     3.Tangkap point penting materi dr nara sumber, modifikasi dengan kalimat sendiri       (jangan asal  copas materi dari chat) 
    4.Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya sang     blogger ini menghubungkan dengan kehidupannya, misalnya topik Menerbitkan   Buku di Penerbit Mayor, maka  awali dengan pengantar bahwa sejak kecil saya   suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat saya bisa menulis buku dan buku   saya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"



24 comments:

  1. Mantap... Salam literasi...
    Jgn lupa berkunjung ya

    ReplyDelete
  2. Semangat membuat resume Bu..

    😊🙏

    ReplyDelete
  3. Trimakasih juga pada yg sudah mampir

    ReplyDelete

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...