Resume ke 19
Malam ini tidak terasa
sudah kembali di kelas online belajar menulis dengan Om Jay. Pemateri malam ini
adalah Bapak Drs Jumanto, MPd
Biodata bapakyang
banyak karya ini adalah:
Nama
: Drs. Jumanto, M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir : Sragen, 21 Januari 1966
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama
: Islam
No Telpon/ HP : 0295 6980952 / 0812 2847 9811
Pendidikan : Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia
Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret
Surakarta
Pekerjaan :
Pengawas Sekolah Kabupaten Rembang
Jabatan Organisasi
: Ketua PGRI Kabupaten Rembang
KARYA BUKU
- KAJIAN DAN ANALISIS BUKU PELAJARAN UNTUK SMP
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS IX
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS X
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (IPS/IPA)
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (BAHASA)
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (IPS/IPA)
- TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (BAHASA)
- MENULIS BUKU ITU GAMPANG (PANDUAN PRAKTIS MENULIS BUKU )
- HASAN SANG PERINTIS ( BUKU FIKSI)
- JAMAL SANG PENDOBRAK (BUKU FIKSI)
- CITRA SANG PENERUS (BUKU FIKSI)
- dll
Pak Jumanto ini mengawali
rutinitas menulis dari menulis puisi. Menulis puisi itu mudah. Setiap ada ide
maka Ia tulis. Selingan dari menulis puisi kadang menulis cerita pendek. Tahun
2004 Ia mulai ditantang oleh Prof. Dr. Sarwiji Suuwandi, guru saya bagai orang
tua saya untuk menulis Buku Ajar. Prof Sarwiji memberikan tantangan karena Ia
selaku guru meneliti buku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah. Dengan
bimbingan Bapak Sarwiji Suuwandi, Pak Jumanto dapat menyelesaikan 3 buku ajar
untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA.
Buku-buku tersebut dinilaikan ke
Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya Ia harus belajar mengedit berdasarkan
catatan-catatan dari tim penilai. Pendapatannya jauh dari pendapatan seorang guru PNS. Selain
dari hasil jual naskah buku, juga mendapat dari editor. Setelah proses penilaian
buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap
diterbitkan.
Tantangan baru datang dari Bapak
Direktur Penerbit SIC. Katanya, Ia cocok menjadi marketing. Kemudian timbul
pertanyaan pada dirinya “Bisakah saya menjalani sambil saya menjalankan tugas
sebagai guru PNS?
Pemerintah meluncurkan istilah
BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat
penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah.
Buku tersebut diberi HET. Pihak
ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh
pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, bapakyang tak pernah putus asa ini
mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak BSE. Pengalamannya dari penulis, editor,
marketing, manager. Keempat aktivitas ini Ia lakukan sampai sekarang. Di PGRI
Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan
Penerbit PGRI Jateng Press. PGRI Jateng Press siap membantu menerbitkan buku
Bapak Ibu penulis pemula.
Dalam materianya Ia memberikan
dengan PPT ayang isinya adalah:
MENULIS ITU MUDAH MARI MENULIS AGAR
HIDUP SEPANJANG ZAMAN
1. Bagaimana memulai menulis buku
Buatlah
Outline buku yang akan Anda tulis!
Jika perlu buatlah sinopsis untuk
ditawarkan ke Penerbit!
2 Ada
pertanyaan mendasar yang harus direnungkan sebelum menulis agar buku yang kita tulis baik dan benar.
- Buku
apakah yang akan ditulis?
- Untuk
siapa buku ditulis?
3. Buku yang digunakan oleh
satuan pendidikan terdiri atas:
Buku Teks Pelajaran
Sumber pembelajaran utama untuk
mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
untuk digunakan pada satuan pendidikan.
Buku Nonteks Pelajaran
Buku pengayaan untuk mendukung
proses pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan dan
jenis buku lain yang
tersedia di perpustakaan sekolah.
Buku non teks pengayaan menurut isinya ada 3 :
1. Pengayaan
Buku-buku yang dapat memerkaya peserta didik,
pendidik, dan tenaga kependidikan
dalam bidang pengetahuan, keterampilan, dan
kepribadian
2. referensi
Buku-buku yang dapat digunakan peserta didik,
pendidik, dan tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran
sebagai sumber rujukan atau informasi tambahan
3.panduan pendidikan
Buku-buku yang dapat digunakan pendidik sebagai panduan, pedoman, atau
rujukan dalam melaksanakan tugas mendidik dan proses
belajar-mengajar
untuk mempermuadah membedakannya maka buku non teks perjenjang diberi lebel huruf dan warna yang berbeda.
Kreativitas menulis seseorang adalah tergantung pada motivasi. Motivasi ini berbeda-beda, bagi pemula adalah motif senang yang dipengaruhi oleh religius. Jika kebiasaan menulis dengan lancar maka saatnya menulis dengan arah tertentu misalnya untuk TK, SD, SMP,SMA atau umum. Ikuti arah calon pembacanya sesuai dengan UU no 13 2017 tentang perbukuan.
Menurut penulis ini bahwa menulis itu mudah, inspiransi ide-ide akan muncul. jika ada ide muncul tulislah ide-ide pokoknya, pahami ketentuan menulis, diakhir nanti diarahkan sesuai dengan calon pembaca. membuat outlend supaya menuliskita menjadi lancar. Akhir dari menulis adalah akan mendapat senang, akan mendapat pendapatan, dan nama kita akan dikenang.
Menulis Itu Mudah
1.Menulislah
menulis dan menulis
2.Tulislah
tema-tema yang ada di sekeliling kita
3.Jagalah
motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.
4. Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat
dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.
5 Buatlah
outline agar tulisan terarah dan konseptual, tulisan memiliki
hubungan timbal balik yang
disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klima yang berbeda-beda. Dengan outline akan
menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline
memudahkan penulis mencari materi pembantu.
6. Di
saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide
yang sedang membara.
7.Buku
yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon
pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3 tahun 2017 tentang
Perbukuan.
8.Di
masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku
pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran
jarak jauh.
9.Kendala
kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan
keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.
10.Untuk
menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena
kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis
Pengayaan
Smakin keren
ReplyDeleteMantap resume nya.....selamat bu udah selesai tugas nya
ReplyDeletemantap Bu hj
ReplyDeleteMantap Bu
ReplyDeletepengalaman sekaligus pengetahuan. Good job
ReplyDeleteMantap dan sukses. Kunjung balik ya ke https://nurainiahwan.blogspot.com
ReplyDeleteMantul
ReplyDeleteok skl tulisannya..
ReplyDelete