Followers

Monday, July 13, 2020

HIDUP SEPANJANG ZAMAN DENGAN MENULIS


Resume ke 19

Malam ini tidak terasa sudah kembali di kelas online belajar menulis dengan Om Jay. Pemateri malam ini adalah  Bapak Drs Jumanto, MPd
Biodata bapakyang banyak karya ini adalah:

Nama                                  : Drs. Jumanto, M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir       : Sragen, 21 Januari 1966
Jenis Kelamin                     : Laki-laki
Agama                                : Islam
No Telpon/ HP                   : 0295 6980952 / 0812 2847 9811
Email                                  : pgrirembang17@gmail.com
Pendidikan                         : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                                             Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
Pekerjaan                           : Pengawas Sekolah Kabupaten Rembang
Jabatan Organisasi             : Ketua PGRI Kabupaten Rembang
       KARYA BUKU
  1. KAJIAN DAN ANALISIS BUKU PELAJARAN UNTUK SMP
  2. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII
  3. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII
  4. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS IX
  5. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS X
  6. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (IPS/IPA)
  7. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (BAHASA)
  8. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (IPS/IPA)
  9. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (BAHASA)
  10. MENULIS BUKU ITU GAMPANG (PANDUAN PRAKTIS MENULIS BUKU )
  11. HASAN SANG PERINTIS ( BUKU FIKSI)
  12. JAMAL SANG PENDOBRAK (BUKU FIKSI)
  13. CITRA SANG PENERUS (BUKU FIKSI)
  14. dll
Pak Jumanto ini  mengawali rutinitas menulis dari menulis puisi. Menulis puisi itu mudah. Setiap ada ide maka Ia tulis. Selingan dari menulis puisi kadang menulis cerita pendek. Tahun 2004 Ia mulai ditantang oleh Prof. Dr. Sarwiji Suuwandi, guru saya bagai orang tua saya untuk menulis Buku Ajar. Prof Sarwiji memberikan tantangan karena Ia selaku guru meneliti buku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah. Dengan bimbingan Bapak Sarwiji Suuwandi, Pak Jumanto dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA.
Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya Ia  harus belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai. Pendapatannya  jauh dari pendapatan seorang guru PNS. Selain dari hasil jual naskah buku, juga mendapat dari editor. Setelah proses penilaian buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap diterbitkan.
Tantangan baru datang dari Bapak Direktur Penerbit SIC. Katanya, Ia cocok menjadi marketing. Kemudian timbul pertanyaan pada dirinya “Bisakah saya menjalani sambil saya menjalankan tugas sebagai guru PNS?
Pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah.
Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, bapakyang tak pernah putus asa ini mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE. Pengalamannya dari penulis, editor, marketing, manager. Keempat aktivitas ini Ia lakukan sampai sekarang. Di PGRI Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan Penerbit PGRI Jateng Press. PGRI Jateng Press siap membantu menerbitkan buku Bapak Ibu penulis pemula.
Dalam materianya Ia memberikan dengan PPT ayang isinya adalah:

MENULIS ITU MUDAH MARI MENULIS AGAR HIDUP SEPANJANG ZAMAN
1.  Bagaimana memulai menulis buku
           Buatlah Outline buku yang akan Anda tulis!
  Jika perlu buatlah sinopsis untuk ditawarkan ke Penerbit!
2   Ada pertanyaan mendasar yang harus direnungkan sebelum menulis agar buku yang      kita        tulis baik dan benar.
      - Buku apakah yang akan ditulis?
      - Untuk siapa buku ditulis?
3.   Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan  terdiri atas:
Buku Teks Pelajaran
Sumber pembelajaran utama  untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan.
Buku Nonteks Pelajaran
Buku pengayaan untuk mendukung proses pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan dan
 jenis buku lain yang tersedia di perpustakaan sekolah. 

Buku non teks pengayaan menurut isinya ada 3 :
1. Pengayaan
Buku-buku yang dapat memerkaya peserta didik, pendidik,  dan     tenaga kependidikan dalam bidang pengetahuan, keterampilan, dan     kepribadian
2. referensi
Buku-buku yang dapat digunakan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran sebagai sumber rujukan atau informasi tambahan
3.panduan pendidikan
Buku-buku yang dapat digunakan pendidik sebagai panduan, pedoman, atau rujukan dalam melaksanakan tugas mendidik dan proses belajar-mengajar

untuk mempermuadah membedakannya maka buku non teks perjenjang  diberi lebel huruf dan warna yang berbeda.
Kreativitas menulis seseorang adalah tergantung pada motivasi. Motivasi ini berbeda-beda, bagi pemula adalah motif senang yang dipengaruhi oleh religius. Jika kebiasaan menulis dengan lancar maka saatnya menulis dengan arah tertentu misalnya untuk TK, SD, SMP,SMA atau umum. Ikuti arah calon pembacanya sesuai dengan UU no 13 2017 tentang perbukuan.

Menurut penulis ini bahwa  menulis itu mudah, inspiransi ide-ide akan muncul. jika ada ide muncul tulislah ide-ide pokoknya, pahami ketentuan menulis, diakhir nanti diarahkan sesuai dengan calon pembaca.  membuat outlend supaya menuliskita menjadi lancar. Akhir dari menulis adalah akan mendapat senang, akan mendapat pendapatan, dan nama kita akan dikenang.
Diakhir sesi editor ini memberikan kesimpulannya yang sangat inspiratif yaitu:
            Menulis Itu Mudah
            1.Menulislah menulis dan menulis
            2.Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita
            3.Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.
            4. Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat
                dikembangkan  menjadi  1  buku pengayaan.
            5  Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki
                hubungan  timbal    balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan                          penulis menciptakan klima yang  berbeda-beda. Dengan   outline     akan 
              menghindari  penggarapan topik    lebih dari dua  kali     atau  lebih dan outline
              memudahkan penulis mencari          materi   pembantu.
             6. Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide 
                yang     sedang   membara.
             7.Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon
                  pembaca  buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3                                            tahun 2017 tentang Perbukuan.
              8.Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku 
                  pengayaan    terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran 
                   jarak jauh.
              9.Kendala kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan 
                   keterampilan   menulis tetapi kita malas menulis.
            10.Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena
                  kemauan kita  untuk   menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis

Pengayaan

8 comments:

Pengimbasan BIMTEK

  Guru merupakan garda terdepan aktor terpenting dalam Pendidikan untuk mewujudkan cita-cita Pendidikan Bangsa Indonesia. Untuk itulah guru ...