Tidak terasa amalam ini adalah jadwal pelatihan menulis yang ke-18. Pemateri malam ini adalah Bapak Agust Subardana, SE,M.M,CDS. Direktur pemasaran penerbit Andi memaparkan materinya dengan sangat jelas. Materi yang disampaikan pada peserta adalah Dampak penjualan buku selama pandemi covid-19 dan Digital marketing :
Dampak penjualan buku selama pandemi covid-19 adalah:
1.Jaringan toko buku di Indonesia sementara tutup dalam kurun waktui empat bulan ini
2. banyak orang takut
datang ke toko buku dan ke mall-mall
yang di
dalamnya ada toko buku
3. Penurunan omset toko buku kurang lebih 70-80%
4. banyak penerbit berhenti mendistribusikan buku ke toko
buku bahkan ada yang gulung tikar
Selama masa pandemi corona ini dilihat dari grafik mengalami penurunan yang
tajam di bulan Maret.
Dengan menghadapi pandemi ini penerbit buku perlu mengadakan strategi
dengan perlunya mentransformasi digital.
Dengan pandemi sudahmenguabah dunia
dengan menuju era low ekonomi dengan ditandai interaksi antar
individu yang minim sentuhan fisik,
karena harus mengecek keselamatan dan kesehatan prilaku sehingga menggeser industri terutama sektor industri perbukuan.
Perubahan ini berdampak pada berbagai hal sepertil cara belajar dan mengajar, kehidupan keluarga
dan aktivitas sosial, mengalami perubahan yang pesat dan besar dalam menghadapi
pandemi corona ini, maka strategi utama dalam pemasaran buku ini adalah digital
marketing dalam transformasi mendasar dalam penerbaitan buku
Kalau kita lihat dalam bagan digital marketing, kita harus
menyesuaikan diri dalam era new normal ini, aagambaran kalau kita masuk ke digital marketing
ini di dalamnya ada SEN, APP Development, WEB design, SEO, video proiduction,
email marketing, content marceting, social media, branding
strategi yang dilakukan untuk mempertahankan penjualan buku supaya tetap
eksis adalah sebagai berikut:
1.Harus membangun hubungan dengan pelanggan di media sosial.
3. Membangun reseler sebagai tim penjualan ke konsumen, juga
di pasarkan lewt WA, FB, IG sipaya tetap diminati konsumen
4. pemasaran lewat komunitas-komunitas
5. harus bisa tampil yang pertama dan tercepat dan tertepat,
maka harus punta tim yang mengerti tentang pemasaran digital ini.
6. mengadakan promosi-promosi khusus seperti discon dan
memberikan rabat yang lebih pada konsumen,
7. mengadakan event-event seperti webinar
8. menjadika brand yang menumbuhkan empati, cepat dalam
merespon pada setiap yang ingin memebeli buku dan cepat mengirimnya kalau sudah
transaksi, jika ada komplen harus ada solusi yang cepat.
9. mobile marketing. Dengan menggunakan internet yang besar,
10. email marketing
membangun kedekatan hubungan dengan pelanggan
11.menargetakan pelanggan sebagai personal, sehingga mamapu
mengidentifikasi kebutuhan dari karakter konsumen
12.menyasar terus pengguna
sosial media
13. terintegritas marketing digitalnaya. Bagaimana
menggabungkan seluruh komponen digital marketing dengan web site, adalam keraja
sederahana tetapi terintegrasi ke semua nya.
14. konten marketing yang menarik dan memiliki bobot yang baik.. informasi yang
ditampilkan bisa berupa teks, artikel, gambar, video, harus memiliki relefansi
dengan bisnis yang dimilki.
15.visual marketing ayang atajam mengandung manfaat dari
konsumen. . Hal ini sangat penting baik di dunia maya atau pun di dunia nyata.
16.googlel endward.. walaupun berbayar tapi hasilnya
sangat besar
Potensi buku untuk sekolah di saat pandemi ini sangat
berpotensi sangat besar untuk disalurkan ke sekolah, karena ada kebijakan dana
BOS, tiap sekolah boleh mengembangkan perpustakaan, sehingaga nisa menyuplai
kategori buku2 yang diperlaukan tiap sekolah masing-masing.
Dengan kebijakan BOS ini maka sekolah bisa mengkondisikannya
untuk membeli buku, untuk melengkapi fasilitas sekolah. Menu perpustakaan sangat
bayak dan bervariasi
Kebijakan BOS ini sangat
seluas, kegiatan PPDB, ekskul, evaluasi kekolah, pembelian media pembelajaran
dan honor guru, layanan jasa, perawatan
sekolah dll. hingga sekolah sangat luas untuk pembelian buku perpustakaan ,
buku kurikulum, buku pendamping dan buku peminatan.
Penerbit Andi menyediakan melayani pembelian buku dengan
SIPLAH dengan memakai market place.com sebagai sarana aturan main dalam
pembelian buku. Menyediakan buku
kurikulum 13, pendamping, peminatan, buku SMK, buku informatika ,
bukuperpustakaan dan buku e-book juga tersedia.
Ranking buku laku di gramedia didominasi oleh novel dg
kontribusi 16%, deapartemen children/ buku anak dg kontribusinya 13,6%, religi
12%. Dari gambaran ini maka penulis bisa memilih mau menulis kategori mana yang
paling diminati.
Setelah beres memaparkan materi, bapak bijak ini menjawab pertanyaan para peserta yang sangat antusias dengan materi ini. diantaranya adalah:
1.Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui Siplah. Apakah bisa buku di bayar setelah bukunya sampai ke sekolah?
jawab:
Untuk pembelian melalui paket SIPlah ini adalah memakai
belanja.com, setelah memasukiasn PO ke belanja.com melalui akun dapodik baru dikirim
barang, setelah diterima barangnya dibuat PAST surat serah terima barang. Setelah diaploud
ke SIPLAH baru transfer ke metraplaza, bukti slip pembayaran diapload. Dan menunggu
verifikasi.
2Andy Muhtadin Beltim-Babel
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasarkan buku kami sebagai penulis dengan pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo, karya bersama.
jawab:
Acara bekerjasama dengan memasarkan buku, bersama sama
dengan penulis dalam marketing dengan mengadakan bedah buku, dan webinar, promo
bersama, dan penulis akan menerima royalti dari penjualannya. Jika penulis
memasarkan produknya amaka penulis akan menerima rabat rata-rata 30-40%.
3.Sunaryo, dri Berau, Gelb.11
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bagian.pemasaran) terhadap penulis untuk ikut andil dalam menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapanya dengan peran para guru dengan kondisi saat ini supaya pemasaran buku bisa segera pulih ?
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kepada para penulis & guru supaya bisa ikut andil memulihkan kondisi pemasaran buku menjadi lebih baik lagi ? Kalau ada, wujudnya seperti apa ?
jawab:
Peran yang diharapakan penerbit adalah penulis bisa
berkolaborasi dalam pemasaran dengan sosial media untuk meningkatkan penjualan.
Peran dengan guru dapat membangkitkan semangat membaca pada peserta didiknya,
memberikan motivasi senang membaca.
Memberikan rabat atau discon kepada guru sebagai stimulus,
dengan stimulus ini akan mendapatkan masukan, memberikan hadiah buku pada
penulis atau guru.
4. A i S Dewi SMPN1 Cibogo Subang
Bagaimana caranya
agar buku kita masuk di akun siplah dan apa syarat-syaratnya?
Masuk ke akun SIPLah harus ada surat lolos penilaian PURKUSBUK ada SK
penilaian dari PURKUSBUK ,dan didaftarkan ke website servise pusbuk. Maka akan masuk ke akun SIPLAH kemendikbud. Nanti siplah kemendikbuid akan
mengapload ke marketplace.
Sarat yang lain kita harus mendaftarkan diri sebagai
penyedia barang pada marketplace, dengan legal bisa CV atau PT. Ada SIUP, NPWP
ada legalitas notaris dsb.
sebelu ditutup Bapak Direktur ini memberikan kalimat motivasi"Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku"
Setelah selesai tanya jawab maka kegiatan ini ditutup oleh moderator ibu Aam Nurhasanah dengan baik.
Keren
ReplyDeletehttps://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/transformasi-digital-dalam-dunia.html?m=1
terimakasih
DeleteJossss
ReplyDeleteterimakasih
DeleteJossss
ReplyDeleteMantab...resume lengkap
ReplyDeleteKeren bu haji...
ReplyDeleteterimakasih
Deletemasyalloh lengkap resumenya bu hj... TOP
ReplyDeleteterimakasih
DeleteYa..mantap bun..sudah lengkap
ReplyDeleteterimakasih
DeleteSemangat untuk hasil nyata ..sukses selalu bu
ReplyDeleteterimakasih udah mampir
ReplyDelete