Followers

Friday, July 10, 2020

SUKSES DENGAN DIGITAL MARKETING

Tugas resume ke 18


Tidak terasa amalam ini adalah jadwal pelatihan menulis yang ke-18. Pemateri malam ini adalah Bapak Agust Subardana, SE,M.M,CDS. Direktur pemasaran penerbit Andi memaparkan materinya dengan sangat jelas. Materi yang disampaikan pada peserta adalah Dampak penjualan buku selama pandemi covid-19  dan Digital marketing :



Dampak penjualan buku selama pandemi covid-19 adalah:
1.Jaringan toko buku di Indonesia  sementara tutup dalam kurun waktui  empat bulan ini

2. banyak  orang takut datang ke toko buku dan  ke mall-mall yang  di  dalamnya ada toko buku
3. Penurunan omset toko buku kurang lebih 70-80%
4. banyak penerbit berhenti mendistribusikan buku ke toko buku bahkan ada yang gulung tikar




Selama masa pandemi corona ini  dilihat dari grafik mengalami penurunan yang tajam di bulan Maret.





Dengan menghadapi pandemi ini  penerbit buku perlu mengadakan strategi dengan  perlunya mentransformasi digital. Dengan pandemi sudahmenguabah dunia  dengan  menuju era low ekonomi dengan ditandai  interaksi antar individu  yang minim sentuhan fisik, karena harus mengecek keselamatan dan kesehatan prilaku  sehingga menggeser  industri terutama sektor industri perbukuan.
Perubahan ini berdampak pada berbagai hal sepertil  cara belajar dan mengajar, kehidupan keluarga dan aktivitas sosial, mengalami perubahan yang pesat dan besar dalam menghadapi pandemi corona ini, maka strategi utama dalam pemasaran buku ini adalah digital marketing dalam transformasi mendasar dalam penerbaitan buku


Kalau kita lihat dalam bagan digital marketing, kita harus menyesuaikan diri dalam era new normal ini,  aagambaran kalau kita masuk ke digital marketing ini di dalamnya ada SEN, APP Development, WEB design, SEO, video proiduction, email marketing, content marceting, social media, branding



Gigital marketing  sangat efektif dalam pemasaran buku: serta membantu meningkatkan penjualan buku

strategi yang dilakukan untuk  mempertahankan penjualan buku supaya tetap eksis adalah sebagai berikut:
1.Harus membangun hubungan dengan pelanggan di media sosial.
 2. Pastiakan buku gampang ditemui di online, jadi dimasukan ke bukalapak, tokopedia, shofee dll
3. Membangun reseler sebagai tim penjualan ke konsumen, juga di pasarkan lewt WA, FB, IG sipaya tetap diminati konsumen
4. pemasaran lewat komunitas-komunitas
5. harus bisa tampil yang pertama dan tercepat dan tertepat, maka harus punta tim yang mengerti tentang pemasaran digital ini.
6. mengadakan promosi-promosi khusus seperti discon dan memberikan rabat yang lebih pada konsumen,
7. mengadakan event-event seperti webinar
8. menjadika brand yang menumbuhkan empati, cepat dalam merespon pada setiap yang ingin memebeli buku dan cepat mengirimnya kalau sudah transaksi, jika ada komplen harus ada solusi yang cepat.
9. mobile marketing. Dengan menggunakan internet yang besar,
10. email marketing  membangun kedekatan hubungan dengan pelanggan
11.menargetakan pelanggan sebagai personal, sehingga mamapu mengidentifikasi kebutuhan dari karakter konsumen
12.menyasar terus pengguna  sosial media
13. terintegritas marketing digitalnaya. Bagaimana menggabungkan seluruh komponen digital marketing dengan web site, adalam keraja sederahana tetapi terintegrasi ke semua nya.
14. konten marketing yang menarik  dan memiliki bobot yang baik.. informasi yang ditampilkan bisa berupa teks, artikel, gambar, video, harus memiliki relefansi dengan bisnis yang dimilki.
15.visual marketing ayang atajam mengandung manfaat dari konsumen. . Hal ini sangat penting baik di dunia maya atau pun di dunia nyata.
16.googlel endward.. walaupun berbayar tapi hasilnya sangat besar 


Potensi buku untuk sekolah di saat pandemi ini sangat berpotensi sangat besar untuk disalurkan ke sekolah, karena ada kebijakan dana BOS, tiap sekolah boleh mengembangkan perpustakaan, sehingaga nisa menyuplai kategori buku2 yang diperlaukan tiap sekolah masing-masing.
Dengan kebijakan BOS ini maka sekolah bisa mengkondisikannya untuk membeli buku, untuk melengkapi  fasilitas sekolah. Menu perpustakaan sangat bayak  dan bervariasi
Kebijakan BOS ini sangat   seluas, kegiatan PPDB, ekskul, evaluasi kekolah, pembelian media pembelajaran dan honor guru,  layanan jasa, perawatan sekolah dll. hingga sekolah sangat luas untuk pembelian buku perpustakaan , buku  kurikulum, buku pendamping  dan buku peminatan.


Penerbit Andi menyediakan melayani pembelian buku dengan SIPLAH dengan memakai market place.com sebagai sarana aturan main dalam pembelian buku. Menyediakan  buku kurikulum 13, pendamping, peminatan, buku SMK, buku informatika , bukuperpustakaan dan buku e-book juga tersedia.


Ranking buku laku di gramedia didominasi oleh novel dg kontribusi 16%, deapartemen children/ buku anak dg kontribusinya 13,6%, religi 12%. Dari gambaran ini maka penulis bisa memilih mau menulis kategori mana yang paling diminati.


Setelah beres memaparkan materi, bapak bijak ini menjawab pertanyaan para peserta yang sangat antusias dengan materi ini. diantaranya adalah:

1.Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui Siplah. Apakah bisa buku di bayar setelah bukunya sampai ke sekolah?

jawab:
Untuk pembelian melalui paket SIPlah ini adalah memakai belanja.com, setelah memasukiasn PO ke belanja.com melalui akun dapodik baru dikirim barang, setelah diterima barangnya dibuat  PAST surat serah terima barang. Setelah diaploud ke SIPLAH baru transfer ke metraplaza, bukti slip pembayaran diapload. Dan menunggu verifikasi.

2Andy Muhtadin Beltim-Babel 
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasarkan buku kami sebagai penulis dengan pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo, karya bersama.

jawab:
Acara bekerjasama dengan memasarkan buku, bersama sama dengan penulis dalam marketing dengan mengadakan bedah buku, dan webinar, promo bersama, dan penulis akan menerima royalti dari penjualannya. Jika penulis memasarkan produknya amaka penulis akan menerima rabat rata-rata 30-40%.

3.Sunaryo, dri Berau, Gelb.11
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bagian.pemasaran) terhadap penulis untuk ikut andil dalam menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapanya dengan peran para guru dengan kondisi saat ini supaya pemasaran buku bisa segera pulih ?
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kepada para penulis & guru supaya bisa ikut andil memulihkan kondisi pemasaran buku menjadi lebih baik lagi ? Kalau ada, wujudnya seperti apa ?

jawab:
Peran yang diharapakan penerbit adalah penulis bisa berkolaborasi dalam pemasaran dengan sosial media untuk meningkatkan penjualan. Peran dengan guru dapat membangkitkan semangat membaca pada peserta didiknya, memberikan motivasi senang membaca.
Memberikan rabat atau discon kepada guru sebagai stimulus, dengan stimulus ini akan mendapatkan masukan, memberikan hadiah buku pada penulis atau guru.

4.  A i S Dewi SMPN1 Cibogo Subang
Bagaimana  caranya agar buku kita masuk di akun siplah dan apa syarat-syaratnya?

Jawab :
Masuk ke akun SIPLah harus  ada surat lolos penilaian PURKUSBUK ada SK penilaian dari PURKUSBUK ,dan didaftarkan ke website servise pusbuk.  Maka akan masuk ke akun SIPLAH  kemendikbud. Nanti siplah kemendikbuid akan mengapload ke marketplace.
Sarat yang lain kita harus mendaftarkan diri sebagai penyedia barang pada marketplace, dengan legal bisa CV atau PT. Ada SIUP, NPWP ada legalitas notaris dsb.

sebelu ditutup Bapak Direktur ini memberikan kalimat motivasi"Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku"
Setelah selesai tanya jawab maka kegiatan ini ditutup oleh moderator ibu Aam Nurhasanah dengan baik.

14 comments:

Pengimbasan BIMTEK

  Guru merupakan garda terdepan aktor terpenting dalam Pendidikan untuk mewujudkan cita-cita Pendidikan Bangsa Indonesia. Untuk itulah guru ...