Followers

Wednesday, July 22, 2020

BAGAIMANA PTK DAN TESIS BISA DIBUAT BUKU BERISBN BERSAMA CAK LUKMAN

Resume ke- 23


Narasumber malam ini adalah Bapak Lukman Hakim biasa disapa dengan Cak Lukman. Bapak Lukman ini memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI).
Materi malam ini memeparkan tentang pembuatan PTK. Pemaparan materi pembuatan PTK diberikan dengan menonton chanel youtubenya. Materi Proposal PTK: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpeLCJGss9e9a550vAVcirW dan materi kedua dalah PTK menjadi buku. Link Cak Lukman ini ada di PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ  yitu  PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan.
Bagi bapak ibu  yang tidak menulis serius seperti PTK dan PTKjadi BUKU,  Pak Lukman menggagas Quick Writing Series: pembelajaran Quick Writing Series ada di  https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f.Masa pandemi masih berlangsung, maka  Bapak Lukman  mencoba membuat pelatihan modul terintegrasi Youtube. Ini ide yang luar biasa. Modul pelatihannya bisa dipelajari https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V

Buku dari PTK karya beliau adalah:

 buku tesis jadi buku


dan masih banyak lagi buku-buku hasil Bapak Lukman ini

setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab. beberapa pertanyaan dan jawaban yang terangkum adalah :

1. penerbit Delta di CV Cak Lukman. Apakah penerbit ini yang di surabaya dan termasuk penerbit yg sudah terkenal itu? (Sri)
Jawab
termasuk penerbit yg sdh terkenal itu? ini relatif

 saya adalah penerbit indie yang mendedikasikan diri untuk para guru yang ingin menerbitkan guru, terutama kenaikan pangkat.Penerbit ada di Jombang Jawa Timur

2. Bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? Jika tidak keberatan dalam bentuk outline? Wiwin Wintarsih dari SMPN 2 TANJUNGSIANG Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. 
Jawab:
muanya ada di Quick Writing Series: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f  saya menggagas QWS memang untuk menulis santai. Outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup.Pendahuluan: pengalaman menarik dalam aktivitas sebg seorang guru
bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi
 penutup: hal-hal  yang dapat diambil oleh ibroh/pelajaran oleh pembaca. Tulisan tulisan pak lukman ada di  http://kelaskuonline.id/ dari catatan harian.

3. Bagimana tips manajemen waktu antara mengajar, menulis, dan mengelola penerbitan?(Hani-Bali)
 Jawab:
 Menulis bagi saya adalah bagian dari mengajar.Menulis itu juga memunculkan penerbit  semua terkoneksi antar satu dengan lainnya sehingga semua bisa berjalan beriringan. Buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengajar. Saya diterima PNS, masuk tahun ajaran baru saya menggunakan LKS beli tujuhribuan.
 saya anggap LKS itu tidak layak  tahun ajaran berikutnya saya menghentikan pengguaanan LKS dan membuat buku sendiri. lahirlah Buku IPA SMK. Saya terbitkan menggunakan penerbit sendiri  yang saya buat sendiri
Menulis di kelas kuonline.id juga sama. Apa yang saya alami ketika menjadi guru, saya tulis di sana sebagai tabungan akan saya terbitkan buku kedua  Guru Penggerak 4.0.dari tabungan di blog: kelaskuonline.id  jadi saya tidak membutuhkan manaj waktu

4.  Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? Ai S Dewi SMPN 1 Cibogo. 
Jawab:
Tidak ada. semua buku yang saya daftarkan dalam bentuk cetak. Kalau ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan

5.Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku?
Apakah harus ada lembar pengesahan/validasi dari Dinas Pendidikan?  Katmie dari SMAN 6 Palangka Raya.
Jawab:
 Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku? sangat bisa. Tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid. misalkan saya di SMP mengajar IPA maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel  karena ada ISBN ber jilid kalau sudah  diISBNkan dan diterbitkan tidak perlu  validasi dari dinas pendidikan kalau tidak di ISBNkan, maka wajib ada pengesahan.Untuk menentukan nilai AKsila baca buku 4 PKB

6.Apa yang melatarbelakangi bpk mndirikan sebuah lembg pengembngn profesi guru di Jawa Timur? Dan manfaat apa yg bpk dapatkan? I Nengah Suradnya  dari Bali, 
Jawab:
Alasan ada di video ini.: https://www.youtube.com/watch?v=8TN5Kc1Er3Y&t=8s dan tiga pilar publkikasi ilmiah  http://kelaskuonline.id/tiga-pilar-publikasi-ilmiah/


7.PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? 
Jawab
Untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? kalo laporan PTK sesuai kebutuhan, saya pernah membuat PTK lengkap dengan halamannya 150 halaman
kalau  PTK jadi BUKU minimal 80 halaman kalo di delta pustaka agar punggung bukunya kelihatan. tidak ada ketentuan asal semua aspek dalam PTK terpenuhi seseuai buku 4 PKB


7.Saya sudah punya beberapa PTK, namun saya masih blm pede dgn PTK saya tersebut, dan PTK itu sudah saya gunakan untuk kenaikan pangkat saya.Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa PTK tersebut dijadikan buku ? Kartini, gel 12 dari Bekasi
Jawab:
sangat bisa ikuti materi aini PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ ingin instan ingin instan https://youtu.be/Ec0WXYcx-5Q

8.1.Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang ber beda? Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung
Jawab:
1. PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda? bisa
 PTK itu memiliki kekhasan yaitu: pada kelas tertentu dan mapel tertentu.tidak bisa digeneralisir
 misalnya saya membuat PTK IPA PBL di kelas V-a saya teliti lagi PBL di kelas VII-b, maka tidak ada masalah  milanya saya membuat PTK IPA PBL di kelas VII-a

9.Bagaimana caranya  unt menerbitkan bk cepat selesai, sementara kondisi sy satu sisi sy sambil belajar menulis di grup ini. Satu sisi sy jg buat media pembajaran kreatif. Satu sisi sy jg masih mengajar. Rasanya ini mau pecah kepala. Semua mau diselesaikan tp kepala cuma satu,mana yg didahulukan? Sofina Depok
Jawab;
Apa yang dilakukan oleh bunda sofi adalah keperluan pembelajaran  media digunakan untuk pembelajaran buku (mungkin) untiuk mendukung pembelajaran semua bisa dilakukan bersamaan.Jika dipaksa memnbagi waktu, gunakan waktu luang saat tdk mengajar untuk menyempatkan diri menulis atau membuat media buku .buat prioritas apa yang ingin diselesaikan dulu. Misal antara membuat media dan buku.Buku lebh urgen daripada media maka selesaikan dulu buku. untuk pelatihan, saya pernah menulis di blog saya. Tidak semua pelatihan harus diikuti. Kalu memang hanya memnambah kesibukan, maka bu sofi bisa meninggalkannya.: karena kita buka superman.buat skala prioritas.

10 Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa?  Siti Nurbaya AZ, SMAN Karimun, Kepri .
Jawab;
 Karya INovatif  boleh dibuat oleh siapa saja. tidak harus guru bahasa yang mampu membuat puisi.Saya pernah membuat tantangan 1hari1puisi. ternyata puisi orang matematika lebh bagus
 angka kredit untuk karya inovatif dibagi 2. sedrhana dan kompleks.kompleks 4. sederhena 2.  lihat buku 4 PKB


11.Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya? sri gel. 12
jawab:
tidak ada ketentuan seperti itu. QWS itu saya konsep bebas namun jika ingin dibagi beberapa tema akan jauh lbh memudahkan bisa dilihat ebook buku saya Guru 4.0.

12. 1. Berapalama lama proses dr mengirin naskah ptk tuk dijadikan buku di penerbit Anda?
      2. Bagaimana dengan buku-buku yg lain, selain ptk? 
       3. prosedurnya abagaimana? Dr Ika Fitriyani
jawab:
1 bulan: layout 1 hari...cetak 2 minggu. http://kelaskuonline.id/penerbit-delta-pustaka/ kirim naskas nanti ditata, diedit silang.

13.Mohon berkenan berbagi tips PTK pembelajaran daring (Syamsuddin, SMP Al-Qur'an Bogor)
Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus?
Jawab
menulis itu masalah rasa. masalah rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang.

14. apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai? 
(HAMDANI - KEPRI)
Jawab
Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalau saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya.
Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan teman2 menilai isi bukunya. Saya tulis dengan bahasa yang apa adanya

15Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? Aning S dari Pati 
Jawab
Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksdnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Kalo bu aning berkenan, saya ada jurnal. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel

Kesimpulan dari Bapak Lukman : 
Menulis adalah passion dan rasa. Semua bisa dipelajari. Menulis apapun itu. Jangan pernah berhenti belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sudah menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat.Bapak Lukman  siap membantu menerbtikan buku teman2

6 comments:

CERPEN

  PENGALAMAN ANEH SELAMA UMROH 1. mayat  berjalan di atas kepala Cerita-cerita yang mengejutkan atau yang sedikit aneh kerap terjadi ketika ...