Followers

Friday, February 12, 2021

Teknik Memasarkan Buku


Pelatihan menulis di ruang WAgrup yang diasuh Om Jay kali ini menghadirkan  Bapak  Agustinus Subardana sebagai nara sumber.

Pada awalnya nara sumber yang berwibawa ini menjelaskan Industri Buku di Pasar Global Bertumbuh, di saat pandemi,  Bagaimana dengan Indonesia?

Data yg kita peroleh bahwa Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri buku buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Masih tingginya data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Anak-anak & Dewasa Muda Non-Fiksi tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, seperti yang kita kutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri publikasi nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas / perpustakaan.

Berdasarkan hasil survei  Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi kerja dari rumah (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% laporan menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang sanggup bertahan sampai satu tahun.

Kendati demikian, tidak semua buku mengalami penurunan penjualan. Ada sejumlah publikasi buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan selama pandemi di 2020. Alhamdulilah puji syukur, Kami Penerbit Andi Offset masih bisa bertahan dan bertumbuh ... Dan th 2021 ini Kami Penerbit Andi akan membuka cabang perwakilan ... (Stokis)   sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di indonesia ..

Fenomena yang menarik di industri publikasi buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online ..

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu   strategi pemasaran. Srategi Pemasaran hampir biasanya dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat memanfaatkan banyak aspek dan unik. Why demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis buku yang di terbitkan. Jenis - jenis buku yang terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku (Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dll.

Dari jenis - jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku yang berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. 

Saat ini usaha beliau dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang berjalan masuk dalam faktor penyebab yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami: www.andipublisher.com).

Strategi Pemasaran buku yang telah dipetakannya menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat (off line), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.

Kita juga terus mengembangkan sistem  Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Penjualan ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu:

-               Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,     SMP, SMA, SMK).

-               Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-               Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).


No comments:

Post a Comment

Pengimbasan BIMTEK

  Guru merupakan garda terdepan aktor terpenting dalam Pendidikan untuk mewujudkan cita-cita Pendidikan Bangsa Indonesia. Untuk itulah guru ...